UPT-LLG CIMTROP dan Borneo Nature Foundation (BNF) Jalin Kerja Sama

Sesuai dengan Pola ilmiah Pokok Universitas Palangka Raya, yaitu pengembangan ilmu dan teknologi pada aliran sungai termasuk pengelolaan lahan basah dan hutan rawa gambut, keberadaan UPT LLG CIMTROP UPR  (dulunya dikenal dengan nama UPT-CIMTROP UNPAR) in sangat strategis untuk mendorong pengembangan kemajuan bagi kegiatan akademis Universitas Palangka Raya.

Dan tindaklanjut MoU antara UPR dan BNF beberapa waktu lalu, talah menjalin kerjasama BNF dengan Fakultas Pertanian mengenai pengelolaan dan penelitian di Hutan Pendidikan Pertanian UPR. Dan Sabtu (26/11) di aula CIMTROP dilaksanakan penandatangan Nota Kesepahaman/ Memoradurn of Understanding (MoU) antara Universitas Palangka Raya dengan pihak Yayasan Borneo Nature Foundation (BNF) Yang dipimpin oleh Dr. Simon John Husson.

Menurut Rektor UPR, Prof Dr Ferdinand MS, dengan manajemen baru yang dipimpin oleh Dr. lci Piter Kulu, UPT LLG CIMTROP ini dapat lebih aktif clan kreatif mendukung pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Universitas Palangka Raya.

“Adanya MOU dengan pihak BNF ini kita harap UPR dapat bekerjasama dengan pihak BNF kita dapat mengoptimalkan manfaat LAHG Sabangau sebagai wadah penelitian, pendidikan, dan pengambdian kepada masyarakat,” ucap Rektor.

Lebih lanjut Rektor menegaskan, penting diketahui bahwa Laboratorium Alam Hutan Gambut kaya akan biodiversitas, dimana didalamnya terdapat berbagai macam jenis satwa liar, termasuk orang utan, beruang, burung-burung, serta biota air lainnya Yang perlu dilestarikan.

“Maka untuk itu kita perlu bekerjasama dengan berbagai pihak yang konsen terhadap lingkungan. MoU antara Universitas Palangka Raya (UPR) dengan BNF ini dapat dijadikan lanclasan hukum bagi kegiatan kerjasama khusdusnya kegiatan penelitian dan pendidikan terkait pengelolaan lahan gambut dan lingkungannya. Tindak lanjut MoU ini nantinya akan dibuat Perjanjian Kerjasama untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan secara terperinci. Poin penting juga kami mengharapkan adanya kesetaraan dalam pelaksaaan kerjasama ini, ucap Rektor lebih lanjut.

Rektor Universitas Palangka Raya, sangat mengharapkan bahwa Kerjasama ini akan bermanfaat banyak bagi Universitas Palangka Raya, terutama bagi kegiatan akademis. Dari kegiatan-kegitan tersebut juga mengharapkan adanya kesempatan studi lanjut bagi staff atau mahasiswa Universitas Palangka Raya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.