Pemanfaatan LAHG UPR

manfaat

  1. LAHG UNPAR adalah satu-satunya laboratorium alam untuk penelitian gambut tropika di Indonesia yang terpelihara dan dimanfaatkan secara intensif sejak tahun 1993 untuk pengembangan IPTEK, baik untuk penyelesaian studi program S1, S2 dan S3 maupun untuk kelompok atau lembaga dari dalam dan luar negeri. Populeritas LAHG UNPAR telah mengundang banyak perhatian para ilmuwan dan negara maju, sehingga keberadaannya betul-betul sebagai referensi dunia tentang gambut tropika dan keanekaragaman hayati.

manfaat12. Untuk membebaskan dan mengamankan LAHG UNPAR dari kerusakan oleh illegal logging, kebakaran hutan rawa gambut, dan pekerja liar lainnya serta untuk kegiatan konservasi dan restorasi yaitu pembuatan DAM dan reforestasi, pada tahun 2000 CIMTROP UNPAR bekerjasama dengan masyarakat Kereng Bangkirai membentuk Tim Patroli (Surat Perjanjian No. 61/PGKT/XI/2000 tanggal 30 Nopember 2000). Tim Patroli tersebut ditingkatkan keanggotaan dan kemampuannya dan disebut Tim Patroli Sabangau-Katingan (TPSK), sekarang menjadi Tim Patroli LAHG Sabangau

manfaat3

3. Sangat tepat dijadikan objek Pendidikan Lingkungan bagi generasi muda untuk mengenal gambut dan jenis pohon lokal, karena mudah dijangkau dan biaya transportasi murah.  Guru dan Siswa  SMA-1 Palangka Raya telah memanfaatkan LAHG sebagai tempat melakukan Pendidikan Lingkungan di bawah bimbingan CIMTROP UNPAR.  Sejak tahun 2003, SMA-I telah berkunjung 17 kali (20-40 siswa per kali) dan telah menanam 1070 pohon species lokal.